Jumat, 24 Oktober 2014

7 komentar:


  1. Komentar kelompok kami dari video yang telah kami tonton, video tersebut berisi tentang penjelasan dari peninggalan atau dokumentasi materi atau ilmu matematika yang ditulis dalam bahasa yunani yang kemudian diterjemahankan kedalam bahasa inggris, buku –buku tersebut berisi tentang teorema, pembuktian teorema bahkan pendapat para matematikawan yunani seperti euklid, Eudoxus, hippocrates, phytagoras dan lainnya. Pada video matematika part 2 ini yang pertama dibahas adalah buku yang kedelapan yang berisi serta menjelaskan tentang akar rasional. Selanjutnya buku yang kesembilan, yang berisi tentang bilangan prima.
    Selanjutnya buku yang kelima menjelaskan tentang rasio dari jarak sebagai pengapit dari suatu area (ratio of magnitude as a flanks and of the area). Kemudian pada penjelasan tersebut juga diberikan sebuah contoh yaitu diketahui jarak dan ada pernyataan yang mengatakan bahwa jika AB ke AC seperti DE ke DF maka AB ke DE seperti AC ke DF. Penjelasan selanjutnya dari buku yang keenam yaitu tentang area dari geometri ( areas of geometrical).
    Dan dari penjelasan-penjelasan hanya tersisa empat buku saja yang akan dijelaskan. Diketahui buku yang kesepuluh berkaitan atau memiliki kaitan dengan buku yang terakhir yaitu buku yang ketiga belas.
    Kemudian buku kesebelas berisi dua puluh delapan defenisi baru salah satu contohnya adalah piramid yang didefenisikan sebagai suatu bangun yang terdiri dari suatu bidang. Dan pada buku ini juga ada perbandingan antara volum dari bentuk kubus yang berbeda. Dilanjutkan dengan buku yang kedua belas juga berisi tentang perbandingan antara area dan volum misalnya seperti lingkaran, silinder dan lainnya. Proposisi atau pernyataan kedua dari buku ini direpresentasikan oleh hippocrates. Hippocrates berpendapat bahwa rasio atau perbandingan area dari dua lingkaran adalah sama dengan rasio atau perbandingan area persegi yang ada pada diameter lingkaran. Namun pembuktiannya tidak dilakukan oleh hippocrates tetapi oleh eudoxus. Dengan menggunakan metode Reductio Ad Absurdum eudoxus mengandaikan bahwa rasio dari persegi sama dengan atau dilambangkan dengan K. Kemudian ia mengasumsikan bahwa rasio dari lingkaran kurang dari K atau rasio persegi maka dibuktikan sedemikian sehingga rasio lingkaran dan persegi harus sama.
    Buku yang ketiga belas berisi dan menjelaskan tentang dodecahedron, cube (kubus), piramid (limas), octahedron (segi delapan), icosahedron.
    Buku-buku ini telah ditulis berabad-abad lamanya sebagai suatu dokumentasi yang sangat penting dalam sejarah perkembangan matematika pada zaman yunani dan telah diterjemahkan kedalam bahasa inggris. Ada yang ditulis pada tahun 1482, 1505, 1509, 1847, dan 1909 yang memiliki penjelasan yang cukup panjang bahkan ada juga bekas tulisan pada abad kesepuluh yang sudah tidak utuh bentuknya.

    BalasHapus
  2. kami dari kelompok 2 ingin memberikan pendapat tentang video yang kami tonton. dalam video tersebut menceritakan beberapa isi buku yang berkaiitan dengan pekermbangan matematika Yunani. buku-buku tersebut dikembangkan oleh beberapa matematikawa seperti Thales, Eudoxus, Phytagoras, dan Hippocrates.
    Dalam video ini terlihat bahwa ada perkembangan tentang perbandingan garis. Seperti yang kami lihat perbandingan panjang garis antara AB : AC ; DE : DF dan AB : DE ; AC : DF. Berdasarkan gambar tersebut, kami menyimpulkan bahwa garis-garis tersebut memilki besar yang sama.
    Dalam buku yang ke-XI, bangsa yunani telah mengembangkan bangun-bangun 3 dimensi seperti limas yang memiliki bangun datar pada alasanya, dan titik puncak diatasnya sebagai titik puncak.
    dari video tersebut matematika yunani lebih berkembang daripada matematika babilonia dan matematika mesir.

    BalasHapus
  3. kami dari kelompok 1 akan mengomrntari video tersebut. video yang kami tonton tadi menjelaskan tentang buku - buku peninggalan matematika zaman yunani. buku terseut berjumlah 13 buku dan buku - buku tersebut berisi tentang teori terori dari para matematikawan yunani dan juga pembuktian - pembukiannya. diantara tokoh - tokohnya yaitu Thales, Eudoxus, Phytagoras, dan Hippocrates. yang dijelaskan pertamakali adalah buku yang pertama dibahas adalah buku yang kedelapan yang menjelaskan tentang akar rasional. yang ke 2 buku yang kesembilan, yang menjelaskan tentang bilangan prima. yang ke 3 adalah buku yang kelima menjelaskan tentang rasio dari jarak sebagai pengapit dari suatu area.
    Di dalam video tersebut juga terdapat contoh yang menjelaskan perbandingan panjang garis antara AB : AC :: DE : DF dan AB : DE :: AC : DF. kami mendefinisakan bahwa garis tersebut bersekala sama atau memiliki besar yang sama.
    Dlam vvideo tersebut juga terdapat banyak sekali penjelasan tentang bangun-bagun 3 dimensi yang di jelaskan pada buku yang ke 9. dan pada video tersebut juga terdapat tahun kejayaan para tokoh matematikawan yunani yang dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. dan dari tahun ke tahun mengalami perubahan yang signifikan. kami bisa menyimplkan bahwa matematika yunani lebih berkembang dari pada matemayika babilonia tau matematika mesir atau setara dengan matematika zaman sekarang.

    BalasHapus
  4. silahkan juga boleh mengomentari komentar temannya....

    BalasHapus