Kamis, 23 Oktober 2014

3 komentar:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=yHVq0g6XWes&index=2&list=PLZchywXhewkTBjqNg7K3xQMWVPD4btcr0

    menurut kami kelompok 3 tahun ajaran 2015/2016 dalam video yang kami tonton, dalam sejarah matematika mesir kuno khususnya dalam opreasi perkalian orang mesir menggunakan angka 2 sebagai dasar dalam melakukan operasi perkalian. dengan menggunakan angka 2 mereka berusaha membuat satu metode perkalian menjadi 2 bagian. misalnya pada video yang ditonton perkalian antara 25 x 32. pada perkalian tersebut dibagi menjadi 2 kolom. kolom pertama dimulai dengan no 1 selajutnya 2, 4, 8, dan 16. sedangkan kolom yang selanjutnya mereka menulis kembali angka 32 selanjutnya 64, 128, 256 dan 512 singkatnya ada penggandaan dari bilangan sebelumnya atau dalam sistem ini dikenal dengan metode doubling atau penggandaan. selanjutnya kita menentukan penjumlahan dari angka-angka di kolom pertama yang hasilnya sama dengan 25. yaitu angka 16,8 dan 1. setelah angka yang berada disamping angka-angka yang telah dijumlahkan pada kolom pertama kita ambil dan jumlahkan maka itulah hasil dari perkalian antara 25 x 32. angka-angkanya yaitu 32,256 dan 512. hasil penjumlahn ketiga angka tersebut pasti sama hasil perkalian antara 25 dan 32.

    BalasHapus
  2. kami dari kelompok 1 ingin berpendapat tentang video yang telah kami tonton, dengan link https://www.youtube.com/watch?v=Ih1ZWE3pe9o . Menurut kami vidio tersebut sangat membantu dlam hal belajar sejarah matematika, karena video yang kami tonton menjelaskan tentang sistem operasi perkalian dan pembagian. Dalam operasi perkaliannya di tulis 17 X 25 dengan hasilnya adalah 425 kenapa demikian? Karena dari angka 17 itu jika kita buat denganbilangan perkalian 2 menghasilkan 1, 2, 4, 8, 16 maka yang didapat untuk membentuk angka 17 adalah akngka dari 16 +1 di angka 25 kita mendapatkan kelipatannya yaitu 25, 50, 100, 200, 400 dan angka yang berdampingan dengan angka 16 dan satu adalah angka 400 dan 25 jika di jumlahkan hasilnya adalah 425. Dalam operasi pembagian di tulis dalam video tersebut adalah 1075 : 25. Cara mengerjakannya sama dengan sistem perkalian yaitu dengan bialangan perkalian 2 pertama kita buat perkalian 2 yaitu 1, 2, 4, 8, 16, 32 dan untuk kolom keduanya kita buat angka kelipatan 2 dimulai dari 25 yaitu 25, 50, 100, 200, 400, 800 dan angka yang mendekati atau yang jumlahnya sama dengan 1075 adalah angka 800 + 200 + 50 + 25 dan angka yang berdampingan dengan angka tersebut adalah 32, 8, 2, dan 1 jika di jumlahkan maka hasilnya adalah 43. Dan kami tahu bahwa matmatika mesir identik dengan perkalian oleh angka 2 atau mereka percya bahwa setiap bilangan bisa di bagi habis oleh angka 2, kami cukup mengerti tentang penjelasan yang ada di video tersebut baik dari perkalian ataupun pembagiaannya. Namun kami tidak mengerti pada lembar pertama yang di jelaskan di video tersebut karena video tersebut menggunakan bahasa inggris. Kami mohon pada kelompok sejarah matematika mesir untuk menjelaskannya dengan detail.

    BalasHapus
  3. kami dari kelompok 2 ingin memberikan pendapat tentang video yang kami tonton, dengan link https://www.youtube.com/results?search_query=SEJARAH+MATEMATIKA+MESIR
    menurut kami video yang kami tonton menceritakan tentang bilangan-bilangan yang dahulu dikenal pada zaman mesir. seperti perkalian, penjumlahan, pengurangan, pembagian dan pecahan. seperti yang telah kami persentasikan pada minggu lalu, video ini tidak jauh berbeda dengan apa yang kami jelaskan. bagaimana sistem penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

    BalasHapus